Roma Gagal ke Liga Champions Usai Dipermalukan Porto 0-3

264

Metrobatam, Roma – AS Roma menghancurkan sendiri kesempatan mereka untuk lolos ke fase grup Liga Champions. Tampil gegabah, mereka dipermalukan Porto 0-3.

Menjamu Porto di Olimpico, Rabu (24/8/2016) dinihari WIB pada partai leg kedua play-off, Roma sebenarnya punya situasi cukup bagus untuk lolos ke fase grup. Mereka cukup bermain imbang tanpa gol untuk lolos, setelah mengimbangi Porto 1-1 pada laga leg pertama di Portugal.

Tampil di depan pendukung sendiri jelas jadi sebuah faktor lain yang menguntungkan Giallorossi. Alih-alih memanfaatkan keuntungan tersebut, Roma justru menghancurkan diri sendiri.

Tertinggal cepat lewat gol Felipe di menit ke-8, Roma bermain ceroboh. Alhasil Daniele De Rossi dikartu merah langsung di menit ke-39 usai melakukan tekel keras di wilayah pertahanan Porto,

Kartu merah itu membuat Luciano Spalletti menarik keluar Leandro Paredes dan memasukkan Emerson Palmieri untuk memperkuat pertahanan. Namun Emerson malah ikut dikartu merah langsung pada menit ke-50, juga karena pelanggaran ceroboh di lapangan tengah.

Setelah sempat tertahan, Porto pada prosesnya mencetak dua gol tambahan, masing-masing lewat Miguel Layun di menit ke-73 diikuti gol Jesus Corona dua menit berselang. Porto pun menang 3-0 di laga ini, atau 4-1 secara agregat dan lolos ke fase grup Liga Champions. Sedang Roma harus puas tampil di Liga Europa.

Jalannya Pertandingan

Dua menit berjalan, Roma menciptakan peluang. Radja Nainggolan melepaskan sepakan keras dari jarak jauh yang masih bisa ditepis oleh Iker Casillas.

Porto membuang sebuah kesempatan berharga tiga menit berselang. Berawal dari kesalahan umpan Nainggolan di tengah, bola didapatkan Jesus Corona yang kemudian mengoper ke Andre Andre. Namun penyelesaian akhir Andre terlampau pelan.

Di menit ke-8, Porto memetik keunggulan. Berawal dari pelanggaran Leandro Paredes di sisi kanan, Otavio mengirimkan bola ke tiang jauh. Bola lantas ditanduk Felipe yang terlepas dari pengawalan.

Nainggolan kembali menjadi ancaman untuk Porto. Kali ini sundulannya menyambut umpan silang Diego Perotti dari kiri melesat sedikit di atas gawang.

Sebuah umpan dari Nainggolan ke sisi kiri di dalam kotak penalti diteruskan Edin Dzeko dengan sepakan kaki kiri. Masih terlalu mudah untuk dihentikan Iker Casillas.

Roma mendapatkan sebuah peluang bagus di menit ke-37. Sodoran Dzeko di dalam kotak penalti disambut sepakan mendatar Salah, tapi lagi-lagi bisa diamankan dengan baik oleh Casillas.

Butuh gol, Roma malah mendapatkan petaka di menit ke-39. Kapten mereka, Daniele De Rossi, mendapatkan kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran keras terhadap Maxi Pereira.

Jelang babak pertama berakhir, Porto sempat mendapatkan peluang. Hanya saja Hector Herrera gagal mengarahkan bola hasil umpan Otavio ke sasaran, tipis saja di samping kiri gawang. Babak pertama berakhir tanpa gol lain.

Lima menit babak kedua berjalan, petaka lain untuk Roma. Emerson Palmieri mendapatkan kartu merah langsung usai melakukan tekel keras kepada Corona.

Porto nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-55, ketika sodoran Otavio disambar Corona di depan kotak penalti. Namun masih melebar ke kanan.

Sebuah tusukan Bruno Peres di kanan nyaris menjadi ancaman serius untuk Porto. Umpan silangnya tinggal dicocor oleh Salah, tapi Miguel Layun dengan sigap membelokkan bola ke luar lapangan.

Tembakan keras Sergio Oliveira di menit ke-65 masih bisa diamankan Wojciech Szczesny. Roma lantas merespons dengan dua upaya Nainggolan dari sundulan, namun keduanya masih melebar.

Porto pada akhirnya bisa memanfaatkan keunggulan pemain untuk menggandakan skor di menit ke-73. Lewat sebuah serangan balik, umpan terobosan Herrera diterima Layun di sisi kanan.

Szczesny sempat maju untuk mencoba memotong bola, tapi malah dilewati sehingga gawang kosong. Tanpa kesulitan Layun menceploskan bola ke dalam gawang.

Hanya dua menit berselang, Porto mencetak gol ketiga. Herrera kembali jadi kreator gol, di mana umpannya diselesaikan dengan sepakan keras Corona dari sisi kiri di dalam kotak penalti.

Roma mencoba mengontrol permainan di sisa waktu, tapi Porto selalu bisa menetralkan mereka. Tak ada gol lagi yang tercipta.(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Belum Ditemukan Dugaan Sabu di Kapal Win Long BH2998

Metrobatam.com, Karimun - Petugas gabungan TNI, Polri dan Bea dan Cukai hingga Sabtu petang belum menemukan narkotika jenis sabu-sabu yang diduga dibawa kapal asing,...

Ketua Korcab IV DJAB Serahkan Bantuan Kepada Yayasan Hang Tuah Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Ketua Kordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada Barat (DJAB) Ny. Irmelda R. Eko Suyatno selaku Anggota Pengawas Yayasan Hang Tuah...

Pelaku Penggelapan Ditangkap Polsek Batam Kota

Metrobatam.com, Batam - Jajaran Polsek Batam Kota berhasil mengamankan 1 (Satu) Orang Tersangka pelaku Tindak Pidana Penggelapan, Batam (24/02/2018) Tersangka merupakan karyawan toko King Of...

Hanya Tunjukan KTP, Bayi David Alfian dapat Fasilitas Berobat Gratis

Metrobatam.com, Bintan - David Alfian (5 bulan) Warga Kampung Bangun Rejo, Km.18 , Kecamatan Bintan Timur, Kijang. saat pertama kali datang ke RSUD Kabupaten...

Tim Gabungan Polri- Bea Cukai Kembali Tangkap Kapal Diduga Angkut 3 Ton Sabu di...

Metrobatam.com, Batam - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan tim gabungan Polri dan Bea-Cukai kembali menangkap kapal laut di perairan Kepulauan Riau (Kepri). Kapal itu...

Kapolri dan Menkeu Ekspos Tangkapan Sabu 1,6 Ton di Batam

Metrobatam.com, Batam - Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengecek lokasi dan barang bukti 1,6 ton sabu di Pelabuhan Sekupang, Batam,...

Terciduk, Pengemis Ini Bawa Uang Rp 43 Juta

Metrobatam, Tasikmalaya - Aparat Satpol PP Kota Tasikmalaya kaget saat menciduk Epon (49). Pengemis tersebut yang kedapatan membawa gepokan uang dan sejumlah perhiasan emas...

Longsor Brebes, Tim SAR Temukan Potongan Jasad Korban

Metrobatam, Jakarta - Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) gabungan Polri, TNI dan Basarnas menemukan tiga potongan tubuh yang diduga merupakan korban longsor Bukit Lio,...

Terdakwa Bom Thamrin Aman Abdurrahman Tolak Baca Eksepsi

Metrobatam, Jakarta - Oman Rochman alias Aman Abdurrahman, terdakwa kasus teror bom Thamrin tahun 2016 menolak membacakan nota keberatan atau eksepsi di depan majelis...

Wiranto dan Tito Sepakat Batalkan Jenderal Jadi Pj Gubernur

Metrobatam, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto membatalkan usulan jenderal polisi sebagai Penjabat (Pj) Gubernur setelah berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal...

Duet Susi-Sri Mulyani Selamatkan Bayi Lobster Rp 14,4 M

Metrobatam, Tangerang - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan keterangan terkait penggagalan penyelundupan benih lobster yang rencananya...

PPP Duga Ada Orang Kuat di Balik Penyerangan Tokoh Agama, Partai Rame-rame Membantah

Metrobatam, Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy menduga ada orang kuat yang mendesain penyerangan terhadap ulama dan tokoh agama yang...
BAGIKAN