Roma Gagal ke Liga Champions Usai Dipermalukan Porto 0-3

261

Metrobatam, Roma – AS Roma menghancurkan sendiri kesempatan mereka untuk lolos ke fase grup Liga Champions. Tampil gegabah, mereka dipermalukan Porto 0-3.

Menjamu Porto di Olimpico, Rabu (24/8/2016) dinihari WIB pada partai leg kedua play-off, Roma sebenarnya punya situasi cukup bagus untuk lolos ke fase grup. Mereka cukup bermain imbang tanpa gol untuk lolos, setelah mengimbangi Porto 1-1 pada laga leg pertama di Portugal.

Tampil di depan pendukung sendiri jelas jadi sebuah faktor lain yang menguntungkan Giallorossi. Alih-alih memanfaatkan keuntungan tersebut, Roma justru menghancurkan diri sendiri.

Tertinggal cepat lewat gol Felipe di menit ke-8, Roma bermain ceroboh. Alhasil Daniele De Rossi dikartu merah langsung di menit ke-39 usai melakukan tekel keras di wilayah pertahanan Porto,

Kartu merah itu membuat Luciano Spalletti menarik keluar Leandro Paredes dan memasukkan Emerson Palmieri untuk memperkuat pertahanan. Namun Emerson malah ikut dikartu merah langsung pada menit ke-50, juga karena pelanggaran ceroboh di lapangan tengah.

Setelah sempat tertahan, Porto pada prosesnya mencetak dua gol tambahan, masing-masing lewat Miguel Layun di menit ke-73 diikuti gol Jesus Corona dua menit berselang. Porto pun menang 3-0 di laga ini, atau 4-1 secara agregat dan lolos ke fase grup Liga Champions. Sedang Roma harus puas tampil di Liga Europa.

Jalannya Pertandingan

Dua menit berjalan, Roma menciptakan peluang. Radja Nainggolan melepaskan sepakan keras dari jarak jauh yang masih bisa ditepis oleh Iker Casillas.

Porto membuang sebuah kesempatan berharga tiga menit berselang. Berawal dari kesalahan umpan Nainggolan di tengah, bola didapatkan Jesus Corona yang kemudian mengoper ke Andre Andre. Namun penyelesaian akhir Andre terlampau pelan.

Di menit ke-8, Porto memetik keunggulan. Berawal dari pelanggaran Leandro Paredes di sisi kanan, Otavio mengirimkan bola ke tiang jauh. Bola lantas ditanduk Felipe yang terlepas dari pengawalan.

Nainggolan kembali menjadi ancaman untuk Porto. Kali ini sundulannya menyambut umpan silang Diego Perotti dari kiri melesat sedikit di atas gawang.

Sebuah umpan dari Nainggolan ke sisi kiri di dalam kotak penalti diteruskan Edin Dzeko dengan sepakan kaki kiri. Masih terlalu mudah untuk dihentikan Iker Casillas.

Roma mendapatkan sebuah peluang bagus di menit ke-37. Sodoran Dzeko di dalam kotak penalti disambut sepakan mendatar Salah, tapi lagi-lagi bisa diamankan dengan baik oleh Casillas.

Butuh gol, Roma malah mendapatkan petaka di menit ke-39. Kapten mereka, Daniele De Rossi, mendapatkan kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran keras terhadap Maxi Pereira.

Jelang babak pertama berakhir, Porto sempat mendapatkan peluang. Hanya saja Hector Herrera gagal mengarahkan bola hasil umpan Otavio ke sasaran, tipis saja di samping kiri gawang. Babak pertama berakhir tanpa gol lain.

Lima menit babak kedua berjalan, petaka lain untuk Roma. Emerson Palmieri mendapatkan kartu merah langsung usai melakukan tekel keras kepada Corona.

Porto nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-55, ketika sodoran Otavio disambar Corona di depan kotak penalti. Namun masih melebar ke kanan.

Sebuah tusukan Bruno Peres di kanan nyaris menjadi ancaman serius untuk Porto. Umpan silangnya tinggal dicocor oleh Salah, tapi Miguel Layun dengan sigap membelokkan bola ke luar lapangan.

Tembakan keras Sergio Oliveira di menit ke-65 masih bisa diamankan Wojciech Szczesny. Roma lantas merespons dengan dua upaya Nainggolan dari sundulan, namun keduanya masih melebar.

Porto pada akhirnya bisa memanfaatkan keunggulan pemain untuk menggandakan skor di menit ke-73. Lewat sebuah serangan balik, umpan terobosan Herrera diterima Layun di sisi kanan.

Szczesny sempat maju untuk mencoba memotong bola, tapi malah dilewati sehingga gawang kosong. Tanpa kesulitan Layun menceploskan bola ke dalam gawang.

Hanya dua menit berselang, Porto mencetak gol ketiga. Herrera kembali jadi kreator gol, di mana umpannya diselesaikan dengan sepakan keras Corona dari sisi kiri di dalam kotak penalti.

Roma mencoba mengontrol permainan di sisa waktu, tapi Porto selalu bisa menetralkan mereka. Tak ada gol lagi yang tercipta.(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Aplikasi SiMantan Bagi ASN di Kabupaten Bintan

Metrobatam.com, Bintan - Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Bintan meluncurkan Aplikasi SiMantan ( Sistem Informasi Manajemen ASN...

Ingat, Arab Saudi Larang Jemaah Foto dan Selfie di Depan Kakbah

Metrobatam, Jakarta - Fenomena banyaknya jemaah yang mengambil foto dan ber-selfie di depan Kakbah, Masjidil Haram, menjadi perhatian serius pemerintah Arab Saudi. Kini tindakan...

PK Korupsi Dikabulkan, MA Kurangi Hukuman Mantan Gubernur Riau Jadi 10 Tahun Bui

Metrobatam, Pekanbaru – Mahkamah Agung mengabulkan peninjauan kembali (PK) kasus korupsi PON XXVII Riau 2012 dan kehutanan yang dilakukan Rusli Zainal. Hukuman terhadap mantan...

Kemenag: Poligami Punya Syarat Ketat, Jangan untuk Ajak-ajak

Metrobatam, Jakarta - Dauroh Poligami Indonesia menggelar seminar 'Cara Kilat Mendapatkan 4 Istri', di mana para peserta seminar diharuskan membayar hingga Rp 5 juta....

Kecanduan Film Porno, Pria Ini Perkosa Anak Tiri Berulang Kali

Metrobatam, Pekalongan - Nur (55), warga Pekalongan ditangkap anggota Unit PPA Satreskrim Polres Pekalongan Kota karena memperkosa anak tirinya. Korban merupakan gadis keterbelakangan mental...

Kapal Pelni Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar, KNKT Kirim Tim Selidiki Insiden

Metrobatam, Kendari - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi terkait Kapal Pelni raksasa Jetliner yang menabrak eks Kantor Syahbandar di Kawasan Teluk Kendari. Akibat...

Surabaya Diguyur Hujan Deras, Genangan Air Ada di Mana-mana

Metrobatam, Surabaya - Hujan deras mengguyur Kota Surabaya sejak pukul 10.30 WIB. Imbasnya, beberapa lokasi tergenang air hingga ketinggian sekitar 10-30 cm. Dari pantauan detikcom,...

Sejumlah Fraksi Desak Setya Novanto Dicopot, Golkar: Beliau Banyak Jasanya ke DPR

Metrobatam, Jakarta - Sejumlah fraksi di DPR RI mendesak agar Setya Novanto mundur dari jabatan ketua karena statusnya kini sebagai tersangka kasus e-KTP dan...

Wakil Bupati Dimakzulkan dan Digugat Ayah Rp 13 M, Ini Kata DPRD

Metrobatam, Gorontalo - Wakil Bupati Gorontalo Fadli Hasan dimakzulkan Mahkamah Agung (MA) karena diduga melakukan tindak pidana korupsi. Di sisi lain, Fadli juga sedang...

Berbahasa Batak, Jokowi Resmikan Terminal Bandara Internasional Silangit

Metrobatam, Tapanuli Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara. Jokowi meresmikan bandara ini dalam bahasa Batak. Peresmian berlangsung di...

Setara Institute: Panglima TNI Gemar Jadi Selebriti Politik

Metrobatam, Jakarta - Direkur Eksekutif Setara Institute, Hendardi mengatakan Jenderal Gatot Nurmantyo senang menjadi selebriti politik selama menjabat sebagai Panglima TNI. Pernyataan tersebut dituturkan Hendardi...

Dauroh Poligami Indonesia Gelar Seminar ‘Cara Cepat Dapat 4 Istri’, Investasi Rp 5 Juta

Jakarta - Muncul pesan di grup WhatsApp soal undangan seminar 'Cara Kilat Mendapatkan 4 Istri'. Para peserta pria yang akan ikut seminar diharuskan investasi...
BAGIKAN