Roma Gagal ke Liga Champions Usai Dipermalukan Porto 0-3

Metrobatam, Roma – AS Roma menghancurkan sendiri kesempatan mereka untuk lolos ke fase grup Liga Champions. Tampil gegabah, mereka dipermalukan Porto 0-3.

Menjamu Porto di Olimpico, Rabu (24/8/2016) dinihari WIB pada partai leg kedua play-off, Roma sebenarnya punya situasi cukup bagus untuk lolos ke fase grup. Mereka cukup bermain imbang tanpa gol untuk lolos, setelah mengimbangi Porto 1-1 pada laga leg pertama di Portugal.

Tampil di depan pendukung sendiri jelas jadi sebuah faktor lain yang menguntungkan Giallorossi. Alih-alih memanfaatkan keuntungan tersebut, Roma justru menghancurkan diri sendiri.

Tertinggal cepat lewat gol Felipe di menit ke-8, Roma bermain ceroboh. Alhasil Daniele De Rossi dikartu merah langsung di menit ke-39 usai melakukan tekel keras di wilayah pertahanan Porto,

Kartu merah itu membuat Luciano Spalletti menarik keluar Leandro Paredes dan memasukkan Emerson Palmieri untuk memperkuat pertahanan. Namun Emerson malah ikut dikartu merah langsung pada menit ke-50, juga karena pelanggaran ceroboh di lapangan tengah.

Setelah sempat tertahan, Porto pada prosesnya mencetak dua gol tambahan, masing-masing lewat Miguel Layun di menit ke-73 diikuti gol Jesus Corona dua menit berselang. Porto pun menang 3-0 di laga ini, atau 4-1 secara agregat dan lolos ke fase grup Liga Champions. Sedang Roma harus puas tampil di Liga Europa.

Jalannya Pertandingan

Dua menit berjalan, Roma menciptakan peluang. Radja Nainggolan melepaskan sepakan keras dari jarak jauh yang masih bisa ditepis oleh Iker Casillas.

Porto membuang sebuah kesempatan berharga tiga menit berselang. Berawal dari kesalahan umpan Nainggolan di tengah, bola didapatkan Jesus Corona yang kemudian mengoper ke Andre Andre. Namun penyelesaian akhir Andre terlampau pelan.

Di menit ke-8, Porto memetik keunggulan. Berawal dari pelanggaran Leandro Paredes di sisi kanan, Otavio mengirimkan bola ke tiang jauh. Bola lantas ditanduk Felipe yang terlepas dari pengawalan.

Nainggolan kembali menjadi ancaman untuk Porto. Kali ini sundulannya menyambut umpan silang Diego Perotti dari kiri melesat sedikit di atas gawang.

Sebuah umpan dari Nainggolan ke sisi kiri di dalam kotak penalti diteruskan Edin Dzeko dengan sepakan kaki kiri. Masih terlalu mudah untuk dihentikan Iker Casillas.

Roma mendapatkan sebuah peluang bagus di menit ke-37. Sodoran Dzeko di dalam kotak penalti disambut sepakan mendatar Salah, tapi lagi-lagi bisa diamankan dengan baik oleh Casillas.

Butuh gol, Roma malah mendapatkan petaka di menit ke-39. Kapten mereka, Daniele De Rossi, mendapatkan kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran keras terhadap Maxi Pereira.

Jelang babak pertama berakhir, Porto sempat mendapatkan peluang. Hanya saja Hector Herrera gagal mengarahkan bola hasil umpan Otavio ke sasaran, tipis saja di samping kiri gawang. Babak pertama berakhir tanpa gol lain.

Lima menit babak kedua berjalan, petaka lain untuk Roma. Emerson Palmieri mendapatkan kartu merah langsung usai melakukan tekel keras kepada Corona.

Porto nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-55, ketika sodoran Otavio disambar Corona di depan kotak penalti. Namun masih melebar ke kanan.

Sebuah tusukan Bruno Peres di kanan nyaris menjadi ancaman serius untuk Porto. Umpan silangnya tinggal dicocor oleh Salah, tapi Miguel Layun dengan sigap membelokkan bola ke luar lapangan.

Tembakan keras Sergio Oliveira di menit ke-65 masih bisa diamankan Wojciech Szczesny. Roma lantas merespons dengan dua upaya Nainggolan dari sundulan, namun keduanya masih melebar.

Porto pada akhirnya bisa memanfaatkan keunggulan pemain untuk menggandakan skor di menit ke-73. Lewat sebuah serangan balik, umpan terobosan Herrera diterima Layun di sisi kanan.

Szczesny sempat maju untuk mencoba memotong bola, tapi malah dilewati sehingga gawang kosong. Tanpa kesulitan Layun menceploskan bola ke dalam gawang.

Hanya dua menit berselang, Porto mencetak gol ketiga. Herrera kembali jadi kreator gol, di mana umpannya diselesaikan dengan sepakan keras Corona dari sisi kiri di dalam kotak penalti.

Roma mencoba mengontrol permainan di sisa waktu, tapi Porto selalu bisa menetralkan mereka. Tak ada gol lagi yang tercipta.(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Warga Malaysia Diajak Menggalang Dana Menalangi Utang Negara Rp 3.570 T

Metrobatam.com, Kuala Lumpur - Warga Malaysia ramai-ramai diajak untuk menggalang dana menalangi utang negara yang sudah menembus 1 triliun RM (Ringgit Malaysia) atau sekitar...

Terkait KEK, Pengusaha Ngadu ke DPRD Kota Batam

Metrobatam.com, Batam - Nuryanto, SH,MH memimpin Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait penyampaian aspirasi dari para pengusaha dan asosiasi Kota Batam melalui Kadin yang...

Bea dan Cukai Batam : Pengawasan Barang di FTZ Lebih Sulit Dibanding KEK

Metrobatam.com, Batam - Pengawasan barang di Free Trade Zone (FTZ) lebih sulit dibandingkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dampak lainnya juga menjadikan Batam tepat untuk...

Tangkal Terorisme, Pengajar Harus Belajar Nilai Kebangsaan

Metrobatam, Jakarta - Akademisi Muslim Azyumardi Azra mengimbau tenaga pengajar di kampus mendapat pelatihan kembali soal kebangsaan. Tuntutan Azyumardi itu terkait dengan temuan sejumlah...

Jelang Final Liga Champions: Zinedine Yazid Zidane vs Juergen Norbert Klopp

Metrobatam, Jakarta - Juergen Klopp senang hanya bertemu Zinedine Zidane setelah dia jadi pelatih. Genius sebagai peraci strategi, jalan karier keduanya memang beda jauh. "Dia...

JK Sebut Daftar Mubalig Dibuat Agar Tak Sembarangan Ceramah

Metrobatam, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mendukung langkah Kementerian Agama yang mengeluarkan daftar 200 nama mubalig. Menurut JK, daftar nama itu berguna mengatur...

Ketua KPK Sindir DPR yang Dukung Eks Koruptor Nyaleg

Metrobatam, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyindir pihak-pihak yang membolehkan mantan narapidana korupsi menjadi calon anggota legislatif pada Pemilu 2019....

Penyidik Sebut Fredrich Minta Kerjaan: Dia Bilang KPK Kan Banyak OTT

Metrobatam, Jakarta - Fredrich Yunadi disebut pernah meminta agar dibagi kasus pada seorang penyidik senior KPK. Ambarita Damanik. Namun, permintaan Fredrich itu disampaikan sembari...

Soal Ekonomi RI Lampu Kuning, Ini Penjelasan BI

Metrobatam, Jakarta - Beberapa kalangan menyebutkan bahwa kondisi ekonomi Indonesia saat ini berada dalam lampu kuning. Menguatnya dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah hingga...

UU Terorisme Beri Kompensasi Korban hingga Peristiwa Bom Bali

Metrobatam, Jakarta - Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme yang baru saja disahkan DPR mengatur tentang pemberian kompensasi bagi korban aksi...

Moeldoko Sebut Perpres Korupsi Tinggal Diteken Jokowi

Metrobatam, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan hasil revisi Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi sudah...

Kontroversi Takjil Politik #2019GantiPresiden

Metrobatam, Jakarta - Pembagian takjil gratis berstiker #2019GantiPresiden yang dibagikan Komunitas Relawan Sadar Indonesia (Korsa) menuai kontroversi. Pendukung Joko Widodo (Jokowi) mengkritik pembagian takjil...
BAGIKAN