Metrobatam, Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin menilai calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno kembali bersandiwara karena menuding pihaknya enggan beradu program. Padahal, kubu Prabowo-Sandiaga sendiri tak pernah bicara program dan lebih sibuk menyebar hoaks.

Hal itu menanggapi pernyataan Sandiaga yang menyebut kubu Jokowi-Maruf enggan beradu program dan gagasan di Pilpres 2019.

   

“Pernyataan Sandi ini jelas pemutarbalikan fakta. Kembali Sandi main sandiwara,” ujar Juru Bicara TKN TB Ace Hasan Syadzily, dalam keterangan tertulis, Jumat (4/1).

“Faktanya Prabowo-Sandi dan timsesnya tidak pernah bicara program dan gagasan. Mereka justru sibuk menebar kabar bohong, mulai dari Ratna Sarumpaet, selang cuci darah, jalan Tol Cipali, dan paling akhir soal 7 kontainer kartu suara,” lanjutnya.

Terlebih, kata Ace, visi-misi pasangan Prabowo-Sandiaga sendiri tak punya gagasan baik. Sebab, satu dengan yang lain saling bertentangan dan banyak janji-janjinya yang sudah dikerjakan oleh Jokowi.

“Visi misi Prabowo-Sandi yang disampaikan ke KPU juga miskin gagasan, klise dan penuh jargon. Apa yang dijanjikan sudah dikerjakan oleh Pak Jokowi. Bahkan satu dengan yang lain saling bertentangan,” cetus dia.

“Sehingga karena berantakan, maka dokumen visi misi di KPU itu tidak pernah dijadikan rujukan oleh timses mereka. Yang mereka lakukan adalah membuat janji-janji kontroversi yang tidak pernah ada rujukan dokumennya di KPU,” tutur Ace, yang juga politikus Partai Golkar itu.

Pihaknya pun kini menunggu gagasan dan program dari pihak Prabowo-Sandiaga. Pasalnya, sejauh ini pihak lawan lebih banyak sandiwara ketimbang program yang jelas.

“Sampai saat ini kami menunggu gagasan dan program segar di Prabowo-Sandi. Karena justru yang lebih muncul sandiwara yang tujuannya agar menarik perhatian media. Kami jelas tidak akan pernah merespons drama seperti itu. Menunggu debat gagasan dari Prabowo Sandi ternyata seperti tong koosng nyaring bunyinya. Banyak suara tapi sedikit isinya,” tandas Ace.

Sebelumnya, Sandiaga menyebut kubu Jokowi-Sandiaga enggan berbicara soal program dan gagasan selama Pilpres 2019. Ia melihat hal tersebut merupakan kelemahan incumbent.

“Mereka tidak akan mau untuk berdebat masalah program, masalah gagasan, apalagi masalah janji-janji yang sudah ditepati. Karena itu merupakan kelemahan incumbent,” ujar Sandiaga di kawasan Meruya, Jakarta, Kamis (3/1) malam.

BPN Sindir TKN

Sementara Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade mengklaim visi misi yang ditawarkan kandidatnya di pemilihan presiden (pilpres) 2019 mendapat respons positif dari masyarakat.

Menurut dia, pernyataan Juru Bicara TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin, TB Ace Hasan Syadzily yang menyebut visi misi Prabowo-Sandiaga miskin gagasan dan hanya menghibur diri lantaran tidak berani beradu gagasan dengan kandidatnya.

“Kalau miskin gagasan tidak mungkin direspons positif oleh masyarakat. Jadi ini cara kubu Jokowi menghibur diri,” ujar Andre saat dikonfirmasi, Jumat (4/1).

Ia mengatakan visi misi kandidatnya sudah berdasarkan aspirasi masyarakat. Hal itu, menurut dia, yang membuat visi misi Prabowo-Sandiaga dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat.

Politikus Partai Gerindra ini menambahkan respons positif dari masyarakat itu justru malah membuat panik kubu Jokowi-Ma’ruf Amin.

Bahkan, berdasaran survei internalnya, suara pasangan Jokowi-Ma’ruf terperosok hingga di bawah 50 persen. Sementara tingkat keterpilihan Prabowo-Sandiaga naik hingga di atas 40 persen.

“Kalau miskin gagasan tentu enggak mungkin dong kejadian Pak Prabowo dan Pak Sandiaga di mana-mana acaranya diserbu masyarakat, dengan Pak Jokowi semakin lama semakin sepi,” ujarnya.

“Kami survei berkala untuk memetakan elektabilitas memetakan banyak hal, kami lakukan survei berkala dan itu terkonfirmasi paniknya mereka sekarang,” ujar Andre.

Lebih lanjut, Andre juga menanggapi tudingan Ace yang menyebut bahwa kubunya bersandiwara karena menuding pihaknya enggan beradu program. Menurut dia Sandiaga tidak pernah memproduksi hoaks atau bersandiwara.

“Bang Sandi tidak pernah memproduksi hoaks. Pak Sandi dan Pak Prabowo menawarkan perbaikan ekonomi, lalu terbukanya lapangan pekerjaan serta bahan pokok terjangkau itu berdasarkan keinginan masyarakat,” ucap dia.

Ia juga menyebut bahwa kubu Jokowi-Ma’ruf cenderung enggan untuk berdiskusi soal ekonomi. Hal itu, kata dia, terbukti ketika kubu Prabowo-Sandiaga melemparkan kritik ekonomi dan disebut pesimistis.

“Kemudian setiap kita kritisi soal ekonomi dibilang pesimis dibilang hoaks, ini memang terlihat kubu Jokowi tidak siap untuk diskusi dan dialog soal ekonomi,” ucapnya. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Cegah Wabah DBD, Danramil 02/Bintim Goro Bersihkan Lingkungan Warga

Metrobatam.com, Bintan - Danramil 02/Bintim, Lettu Inf Aswandi, didampingi seluruh Babinsa Koramil 02/Bintan Timur (Bintim) turun langsung membersihkan parit RT 01 RW VIII Kelurahan...

Dinkesdalduk KB Tanjungpinang Siapkan Posko Kesehatan di Lokasi Banjir

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB) Kota Tanjungpinang menyiapkan posko kesehatan di lokasi banjir Teluk Keriting yang berdekatan...

Warga Dompak Temukan Motor Tergeletak di Semak Belukar

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Telah ditemukan motor Scoopy warna dengan nomor polisi BP 2949 XX di dalam semak belukar di Kelurahan Dompak, RT 05/RW 04,...

Wako Tanjungpinang Buka Mubes VI Perserikatan Sosial Minang Maimbau

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Perserikatan Sosial Minang Maimbau (PSMM) menggelar Musyawarah Besar VI di Aula Bulang Linggi, Sabtu (19/1). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh...

Nurdin Basirun Tinjau Pembangunan Kawasan Gurindam 12

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melakukan peninjauan terkait progres pembangunan kawasan Gurindam 12, di Tepi Laut, Tanjungpinang, Jumat (18/1). Dirinya berharap...

Wanita Asal Indonesia yang Dibunuh di Malaysia Bernama Jamilah

Metrobatam.com, Malaysia - Polisi Malaysia masih mencari pelaku pembunuhan terhadap wanita asal Indonesia yang ditemukan tewas dalam kontrakannya di Taman Universiti, Seri Kembangan, Malaysia....

Jangan Remehkan Sakit Flu, Karena Bisa Sebabkan Kematian

Metrobatam.com - Virus flu bisa kita dapatkan dari mana saja. Terutama jika berada di lingkungan yang padat, melakukan perjalanan panjang, dan ketika sistem kekebalan tubuh melemah. Penyakit...

Seorang Wanita Asal Indonesia Dibunuh di Malaysia

Metrobatam.com, Malaysia - Seorang wanita asal Indonesia dibunuh di rumah kontrakannya yang terletak di Taman Universiti, Seri Kembangan, Malaysia. Kepolisian setempat menahan 4 teman serumah...

Oknum Wartawan Jadi Tukang Peras, LPDS Sebut Hal Itu Telah Cederai KEJ

Metrobatam.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) Hendrayana, S.H, M.H mengutuk keras pemerasan yang dilakukan oleh sesorang yang mengaku Wartawan terhadap...

Walikota Tanjungpinang Respon Cepat Terjadi Genangan Air Saat Hujan

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang Syahrul S.Pd merespon cepat terkait genangan air di beberapa titik di Kota Tanjungpinang dengan menurunkan OPD terkait untuk segera mengatasinya...

Posmat Jajaran Lantamal IV Bantu Evakuasi ABK Tag Boat yang Tenggelam

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Salah satu Pos Pemantau (Posmat) yang berada di jajaran Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV yakni Posmat Mentigi membantu melakukan evakuasi...

Kepedulian pada Masyarakat, Kodim 0315/Bintan Berikan Bantuan Sembako pada Iwan

Metrobatam.com, Bintan – Kodim 0315/Bintan melalui Koramil 02/Bintan Timur memberikan Bantuan Sembako kepada Iwan (53) salah satu warga Sei Lekop yang yang dikabarkan telah dituduh...