Sempena HUT Ke-18, DPRD Kota Batam Rayakan dengan Doa dan Pengajian

oleh

Metrobatam.com, Batam – DPRD Kota Batam genap berusia 18 tahun. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 ini diharapkan semakin memperkukuh tugas dan kinerja DPRD, terutama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Batam yang maju dan berkembang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam H. Erizal Abdullah menghadiri kegiatan Uji Petik Kitab Kuning Syarah Alfiyah Ibnu Aqil dan Majlis Dzikir Maulidurrasul dan Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Jumat (2/11).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DPRD Kota Batam yang ke 18.

“Lewat kegiatan ini kita juga berharap mengenang historis DPRD Batam,” kata Ketua DPRD Batam, Nuryanto

Ulang tahun ke-18 DPRD Kota Batam sebenarnya jatuh pada 31 Oktober 2018. Namun perayaannya baru digelar Jumat (2/11) ini. Perayaan kali ini diisi dengan berbagai acara dan kegiatan, seperti senam, sarapan bersama, pembagian door prize, Uji Petik Kitab Kuning dan Dzikir Maulidurrasul dan Tabligh Akbar.

Untuk senam, sarapan dan door prize dilaksanakan di pagi hari. Sedangkan uji petik kitab kuning dan Dzikir Maulidurrasul  dan tabligh akbar dilaksanakan habis Ashar dan setelah Isya. Pelaksanaannya semua dipusatkan di Kantor DPRD Kota Batam.

Diceritakannya, dalam uji petik kitab kuning, sebanyak 15 anak yang selama sekitar 20 hari belajar kitab kuning Syarah Alfiah Ibnu Aqil dibawah bimbingan Ustad Abdurrahman diuji kemampuan bacaan kitab kuningnya. Kitab kuning adalah istilah untuk kitab klasik yang merupakan warisan para ulama. Tulisan tanpa baris yang bersumber dari Alquran dan hadist berisi pesan-pesan keagamaan.

Lewat kgiatan ini sekaligus mengajakak masyarakat kembali ke Ketuhanan dengan ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW. Apalagi Kota Batam sebagai centralnya melayu dan Islam.

“Batam harus menjadi central islam yang moderen dan berbudaya,” katanya.

(red/Mb)