Siap Hadapi Resiko Politik, TGB Cawapres yang Sudah Dikantongi Jokowi

Metrobatam, Jakarta – Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah menyatakan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang masuk dalam bursa cawapres untuk Joko Widodo di Pilpres 2019. Menurutnya, nama TGB masuk dalam daftar cawapres yang sudah mengerucut.

“TGB adalah salah satu kandidat cawapres yang sekarang namanya ikut mengerucut dengan nama-nama lainnya,” ujar Basarah di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (11/7).

Basarah menilai masuknya nama TBG dalam bursa cawapres memperlihatkan Jokowi dekat dengan tokoh Muslim. Jokowi diklaim memperhitungkan ulama seperti TGB menjadi pemimpin bangsa.

Meski demikian, Wakil Ketua MPR ini enggan memprediksi TBG terpilih sebagai cawapres. Ia mengatakan posisi cawapres merupakan kewenangan penuh Jokowi.

Basarah tak menepis sejumlah nama tokoh parpol hingga profesional masuk dalam bursa cawapres Jokowi. Beberapa nama yang masuk, di antaranya Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PPP Muhammad Romahurmuziy, Kepala KSP Moeldoko, Mahfud MD, hingga Din Syamsuddin.

Namun, ia kembali menegaskan dinamika politik akan terus terjadi hingga batas akhir pendaftaran capres-cawapres di KPU ditutup. Atas hal itu, ia menyebut semua tokoh yang beredar saat ini masih berpeluang menjadi cawapres.

“Mari kita lihat dan saya yakin Pak Jokowi tahu bagaimana memainkan bidak-bidak catur yang sekarang sudah mulai berproses,” ujar Basarah.

Basarah meminta seluruh parpol pengsusung Jokowi segera mendeklarasikan dukungannya. Ia juga meminta parpol dan relawan konsisten mendukung Jokowi meski cawapres yang diharapkannya tidak dipilih Jokowi.

TGB telah menyatakan mendukung Jokowi dua periode menjadi presiden. Dukungan TGB terkait dengan kelangsungan program Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Politikus Partai Demokrat itu mengaku khawatir pergantian presiden menghambat perkembangan ekonomi dan sosial di Mandalika dan NTB.

“Kalau presiden diganti maka itu akan menganggu suasana kebatinan. Jadi ini harus dituntaskan, perlu kita dukung. Dibutuhkan dua periode untuk tuntaskan visi misi dan transformasi,” kata TGB saat berkunjung ke kantor CNN Indonesia, beberapa waktu lalu.

TGB juga menyatakan siap jadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo di pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

“Kalau bertentangan dengan partai saya tetap pada posisi saya, keputusan saya untuk mendukung Bapak Jokowi. Kalau ada risiko atas pilihan itu, ya, saya akan hadapi,” kata TGB seraya menegaskan sikap politiknya sebagai pilihan pribadi dan tidak mewakili partai.

Terkait kesiapan menjadi cawapres Jokowi, Gubernur NTB itu ingin berkontribusi dalam posisi jabatan publik manapun untuk berbakti bagi bangsa Indonesia.

“Suatu kehormatan yang luar biasa. Terlepas dari kesadaran keterbatasan, kemampuan secara individu, tetapi siapapun anak bangsa jangankan dalam posisi itu [cawapres], dalam posisi apapun yang bisa bekerja untuk republik yang kita cintai ini, ya tentu itu suatu kehormatan,” ujarnya.

TGB menilai kepemimpinan Jokowi selama empat tahun terbilang berhasil. Menurutnya, Jokowi membawa perubahan di tingkat regional maupun di tingkat nasional.

“Berdasarkan pencermatan terhadap pelaksanaan pemerintahan beliau selama empat tahun. Nah itu basisnya,” ujarnya.

TGB mengakui hingga saat ini belum berkomunikasi dengan Ketua Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono terkait sikapnya mendukung Jokowi.

Di sisi lain ia meyakini partai yang menaunginya tak akan pernah mengeluarkan larangan atau sanksi bagi para kader yang menyuarakan aspirasi maupun bentuk dukungan terhadap calon tertentu.

“Sepemahaman saya tidak pernah ada larangan untuk menyuarakan aspirasi. apalagi aspirasi itu aspirasi saya pribadi,” ujar TGB.

“Saya juga sudah cukup lama meminta waktu bertemu dengan bapak ketum tapi mungkin karena beliau banyak kesibukan yang lain sehingga sampai sekarang belum diberi waktu atau belum ada kesempatan,” imbuhnya. (mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Abdul Basyid Has : Hari PMI adalah Hari Kesalehan Sosial

Metrobatam.com, Batam - Memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI), Abdul Basyid Has, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghimbau masyarakat untuk...

Widiastadi Nugroho Tinjau Pembangunan Mako Brimobda Kepri

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komisi III DPRD Kepulauan Riau yang dipimpin langsung ketua komisi III Widiastadi Nugroho melakukan peninjauan lapangan pembangunan sarana dan prasarana di...

4 Pelaku Penyebar Berita Hoax Demo Mahasiswa Ricuh di MK Diciduk

Metrobatam.com, Bukittinggi - Empat penyebar berita bohong atau hoax, soal demo mahasiswa ricuh di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Masing-masing pelaku diamankan pada empat...

Peringati Hari PMI, Mustofa Widjaja Ajak Warga Kepri Tingkatkan Solidaritas Kemanusiaan

Metrobatam.com, Batam - Hari ini Palang Merah Indonesia (PMI) memasuki hari jadi yang ke 73 tahun. Masyarakat dari berbagai kalangan turut memperingati hari kemanusiaan...

Rayakan Hari Perhubungan Nasional 2018, KSOP Kelas II Tanjungpinang Adakan Jalan Sehat

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2018, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang mengadakan jalan sehat, Minggu (16/9/2018)....

UMRAH Tanjungpinang Laksanakan Wisuda Ke-XI

Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang mewisuda 637 mahasiswa pada wisuda Umrah ke-XI di Gedung Aula Gubernur Kepri, Pulau Dompak, kemarin, Sabtu, (15/09/2018). Dekan...

Diduga Terkait Pemberitaan, Pimpred Tabloid Merapi News Dipangil Penyidik Mabes Polri

Metrobatam.com, Bukittinggi - Diduga akibat pemberitaan di media masa, Asroel BB, pimpinan redaksi Tabloid Merapi News dilaporkan ke Mabes Polri. Laporan itu diketahui setelah surat...

Miliki Narkoba, Oknum Polisi Ditangkap Sat Resnarkoba Polres Bukittinggi

Metrobatam.com, Bukittinggi - Satuan Reserse Narkoba Polres Bukittinggi pada hari Sabtu (15/9) pukul 13:00 WIB, bertempat di Simpang Jirek Jalan Pintu Kabun Kecamatan Mandiangin...

Kodim 0316/Batam dengan Rainmas Polresta Barelang Lakukan Patroli Gabungan

Metrobatam.com, Batam - Jajaran Kodim 0316/Batam melakukan patroli gabungan bersama Satuan Sabhara Polresta Barelang. Berbeda dengan kegiatan biasanya menggunakan mobil, kali ini justru selurus...

DPT Kota Batam Berkurang 8.490 Pemilih

Metrobatam.com, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menghapus 8.490 pemilih yang ada dalam daftar pemilih tetap (DPT). Sehingga DPT hasil perbaikan yang...

Januari Hingga Juni 2018, Tujuh PMA Gulur Tikar di Kota Batam

Metrobatam.com, Batam - Terhitung sejak Januari hingga Juni 2018 tercatat tujuh Penanam Modal Asing (PMA) yang gulung tikar di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau,...

Provinsi Kepri Diperkirakan Kembali Alami Inflasi di September

Metrobatam.com, Batam - Provinsi Kepulauan Riau diprediksi kembali mengalami inflasi pada September 2018. Bulan sebelumnya, Indeks Harga Konsumen (IHK) Kepri mencatatkan deflasi sebesar 0,53...
BAGIKAN