Siap-siap, Lowongan CPNS 2018 Segera Dibuka

    Metrobatam, Jakarta – Pemerintah belum secara resmi membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Saat ini, rencana tersebut masih terus disusun oleh pemerintah.

    Masyarakat pun cukup antusias menanti pembukaan lowongan untuk menjadi abdi negara tersebut. Namun, pemerintah seperti terus mengundur waktu pengumuman lowongan.

    Terakhir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur menargetkan pembukaan formasi akan dilakukan pada akhir Juli 2018 ini.

    “Sudah finalisasi untuk formasi. Nanti kita umumkan secara terbuka. Doakan saja supaya cepat. Kan ini Juli, sebelum akhir Juli mudah-mudahan sudah bisa diumumkan,” kata Asman Abnur beberapa waktu lalu.

    Lantas, sampai kapan kira-kira pemerintah mulai membuka formasi tersebut? Simak berita selengkapnya.

    Awalnya Akhir Mei

    Awalnya pemerintah memperkirakan untuk mulai membuka lowongan pada akhir Mei 2018, kemudian berubah menjadi setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018, dan kini belum juga diumumkan.

    Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan pemerintah belum juga mengumumkan pembukaan lowongan CPNS 2018 karena adanya perubahan metode untuk perhitungan kebutuhan CPNS.

    “Kami dari BKN terus terang belum tahu kenapa mundur terus (waktunya), tapi yang jelas ada perubahan metode dan cara untuk analisis kebutuhan pegawai yang dilakukan oleh teman-teman daerah,” katanya kepada detikFinance.

    Ridwan mengatakan, Menteri PAN-RB Asman Abnur sedang mengubah perhitungan kebutuhan yang diusulkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

    “Jadi Pak Menpan (Asman Abnur) itu melakukan perubahan metodelogi. Dan setahu saya pemda dan pempus sudah menhirimkan dan nampaknya mereka sedang menghitung secara final,” katanya.

    Namun demikian, Ridwan memperkirakan bahwa perhitungan tersebut tak akan lama dilakukan. Sebab, kata Ridwan, saat ini baik Kementerian PAN-RB, Panselnas, maupun BKN terus berkoordinasi untuk membahas rencana pembukaan CPNS tersebut.

    “Mungkin nggak lama lagi (diumumkan), cuma kepastiannya lagi kita belum tahu,” ujarnya.

    Rapat Koordinasi

    Badan Kepegawaian Negara (BKN) bakal menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) kepegawaian pada 11 Juli 2018. Dalam rapat tersebut, salah satu pembahasan utama dalam Rakornas tersebut ialah mengenai seleksi lowongan CPNS 2018.

    Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan mengatakan pembahasan tentang CPNS dilakukan untuk memperluas pemahaman masyarakat mengenai seleksi yang akan dilakukan, yakni secara terintegrasi.

    “BKN selaku Ketua pelaksana kegiatan penyelenggaraan rekrutmen CPNS tahun 2018 akan menggunakan sistem seleksi CPNS terintegrasi yang akan memangkas alur penyelenggaraan seleksi, salah satunya dalam mekanisme pendaftaran,” kata Ridwan.

    Ridwan mengatakan, jika pada tahun sebelumnya, pendaftar seleksi CPNS pada sejumlah instansi masih harus membuka dua portal saat akan registrasi, kini proses pendaftaran hanya berfokus pada portal SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional).

    “Demikian juga nantinya dalam pelaksanaan seleksi hanya akan digunakan satu sistem seleksi yakni Computer Assissted Test (CAT-BKN) yang dari hari ke hari semakin memikat kepercayaan publik karena obyektivitas dan transparansi yang mampu dibuktikan dalam penyelenggaraan seleksi yang difasilitasinya selama ini,” kata dia.

    Proses Validasi

    Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan pada seleksi CPNS tahun ini pemerintah akan melakukan dengan sistem yang terintegrasi. Contohnya dalam tahap pendaftaran hanya satu pintu melalui situs sscn.bkn.go.id.

    “Nggak peduli itu daerah maupun pusat tetap mekanisme online pendaftarannya melalui sscn.bkn.go.id. Lalu seleksi kompetensi bidang (SKB) juga di bawah koordinasi BKN. Minimal di setiap provinsi ada 1 lokasi tes,” kata Ridwan.

    “Jadi daerah nanti diharapkan untuk mengumpulkan soal untuk SKB, itu ke BKN. Karena tes SKB-nya juga pakai CAT. Basisnya pakai CAT BKN. Integrasinya itu,” sambung dia.

    Sedangkan untuk alur seleksi, kata Ridwan, tidak jauh berbeda dengan pembukaan lowongan CPNS pada 2017 lalu. Mulai dari seleksi administrasi hingga seleksi kompetensi bidang.

    “Nanti akan dilakukan seleksi administratif, oleh kementerian, lembaga, atau daerah masing-masing. Dari yang lulus seleksi administrasi, kita minta untuk ikuti SKD (seleksi kompetensi dasar) dengan CAT BKN, setelah itu ada SKB yang sebagian besar di daerah wajib pakai CAT BKN,” ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (Humas) Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan saat ini pihaknya masih terus melakukan proses validasi untuk menghitung kebutuhan formasi CPNS 2018 yang akan dibuka.

    “Waktu proses validasi ini kan kita tidak ada target waktu tertentu. Jadi tidak ada target, cuma lebih kepada proses yang hati-hari yang cermat, sehingga nanti formasi yang keluar sesuai kebutuhan,” tuturnya. (mb/detik)

    Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    BERITA TERKINI

    Melawan, 2 Terduga Teroris di Tanjungbalai Ditembak Polisi

    Metrobatam, Jakarta - Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menembak dua pria terduga teroris di Jalan Jumpul, Lingkungan VI, Kelurahan Kapias Pulau Buaya, Kecamatan Teluk...

    Dor! TNI AL Bekuk Penyelundup 20 Ribu Hp di Perairan Batam

    Metrobatam, Batam - 20 Ribu unit handphone hasil selundupan diamankan KRI Lepu-861. Handphone selundupan ini berasal dari salah satu distributor di Jurong, Singapura. Sempat...

    Menteri Susi Semprot Sandiaga, Sandiaga Menjawab

    Metrobatam, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tampaknya sedang cukup geram dengan tingkah calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno. Susi...

    Jokowi Beri Beasiswa ke 5.144 Mahasiswa Korban Gempa Lombok

    Metrobatam, Lombok Tengah - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa yang terdampak gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Ada 5.144 mahasiswa...

    Wagub Jabar Dukung Seruan Khotbah Jumat Tolak LGBT di Cianjur

    Metrobatam, Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengaku pihaknya tak akan mempersoalkan imbauan Pemerintah Kabupaten Cianjur agar seluruh pengurus masjid menyajikan...

    Caleg yang Kampanye Berseragam Polri di Sumsel Ternyata Kader Berkarya

    Metrobatam, Palembang - Calon anggota DPR RI yang diduga berkampanye berseragam kedinasan Polri di Sumatera Selatan diketahui merupakan kader Partai Berkarya. Hal tersebut pun dibenarkan...

    Sedekah Laut, Tradisi Luhur yang Disalahpahami

    Metrobatam, Jakarta - Sedekah laut dianggap tradisi yang melanggar agama. Padahal, banyak yang tidak paham dengan maksud sesungguhnya dari acara sedekah laut. "Masyarakat pesisir terutama...

    Survei: Guru Muslim Punya Opini Intoleran dan Radikal Tinggi

    Metrobatam, Jakarta - Hasil survei terbaru dari Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM), UIN Jakarta, menemukan bahwa mayoritas guru beragama Islam di Indonesia memiliki...

    Bawaslu Enggan Kelola Dana Saksi untuk Pemilu

    Metrobatam, Jakarta - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Afifuddin mengatakan bahwa pihaknya keberatan jika harus mengelola dana saksi pemilu. Pasalnya, peraturan hanya mengamanatkan Bawaslu...

    Gara-gara Iklan Videotron, Jokowi-Amin ‘Dikejar’ Syahroni

    Metrobatam, Jakarta - Sidang dugaan pelanggaran kampanye videotron Joko Widodo-Ma'ruf Amin kembali ditunda lantaran timses pasangan nomor urut 01 itu tidak membawa surat kuasa....

    Sri Mulyani Dilaporkan soal Pose 1 Jari, Kemenkeu: Itu Bukan Kampanye

    Metrobatam, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani dilaporkan ke Bawaslu karena pose satu jari saat penutupan IMF-World Bank di Bali beberapa waktu lalu. Kementerian...

    Pemerintah Tegaskan Dana Saksi dari APBN Hanya Pelatihan

    Metrobatam, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyatakan tidak menganggarkan atau mengalokasikan dana untuk saksi dari partai politik pada pelaksanaan pemilu 2019 dalam Anggaran...
    SHARE